Banjir

Banjir Melanda Di Beberapa Wilayah di Kabupaten Kudus.

BPBD Kabupaten Kudus,Banjir 31 Desember 2022
Update kondisi kejadian banjir yang melanda 3 Kecamatan di Kabupaten Kudus.

Untuk di Wilayah Kecamatan Jati, Sungai Kencing melimpas ke 3 Desa yakni di Desa Jati Wetan,Desa Jetis Kapuan dan Desa Tanjung Karang, air menggenangi 140Ha area pemukiman dengan total 4200Jiwa dan juga menggenangi area persawahan seluas 148Ha. Ketinggian air di pemukiman berkisar antara 20-70cm. Saat ini intensitas air meningkat ±10cm.

Wilayah Kecamatan Undaan,
Sungai Juana (JU1) melimpas ke 4 Desa ,yakni di Desa Ngemplak,Deda Karangrowo,Desa Wates dan Desa Undaan Lor. Air menggenangi 150Ha area pemukiman dengan total 4900 Jiwa terdampak ,ketinggian air yang menggenangi area pemukiman berkisar antara 20-65cm. Areal persawahan seluas 385Ha juga tidak luput dari genangan air. Saat ini intensitas air meningkat ±10cm.

Wilayah Kecamatan Kaliwungu,
Sungai Gelis melimpas di Desa Setrokalangan dengan jumlah total 400KK(2000Jiwa) terdampak genangan air, seluas 148Ha area pemukiman terendam air dengan ketinggian 20-70cm. Air juga merendam areal persawahan seluas 140Ha. Untuk intensitas air meningkat ±10cm. Dari 3 Kecamatan tersebut total terdapat 14.800Jiwa yang terdampak banjir.

Banjir di Desa Temulus
Banjir di Kecamatan Undaan
Banjir di Kecamatan Undaan
Banjir di Kecamatan Undaan

BPBD Kudus beserta FORKOPIMDA,FORKOPIMCAM, Dinas Terkait,Pemdes Terdampak,Relawan Gabungan, dan Masyarakat sudah melakukan upaya-upaya dan tindakan antisipasi dengan pendirian DU (Dapur Umum) di Desa Jati Wetan Kec. Jati, Desa Mejobo dan di Desa Temulus,Distribusi air bersih,pengelolaan logistik bantuan,pendirian posko kesehatan Dinas DKK,pembagian logistik ke 2 Kecamatan serta evakuasi warga yang akan mengungsi dan juga pendirian lokasi pengungsian yang berada di Balai Desa Jati Wetan dengan total 48KK(206Jiwa) Pengungsi,Gereja Tanjung Karang terdapat 4KK(15Jiwa), SD 4 Payaman terdapat 4KK(12Jiwa). Total pengungsi di Kabupaten Kudus sampai saat ini mencapai 56KK (233Jiwa).
Untuk info lainnya , saat ini debit Sungai Wulan masih terus meningkat, terdapat genangan air sepanjang 300m Jl. Kudus-Purwodadi dengan ketinggian air ±20cm sehingga menyebabkan kemacetan di lokasi tersebut. Air juga menggenang di Jalan masuk Desa Karangrowo dengan ketinggian air mencapai 20cm.Apabila ada Kebencanaan dan Kedaruratan segera hubungi Call Center 112.

Tinggalkan Balasan